akibat rokok

  • Merokok dan akibatnya bagi kesehatan:Departemen kesehatan di Amerika melalui National Cancer Institute mengingatkan bahwa hal terpenting yang harus dilakukan oleh pasien perokok yang menderita berbagai penyakit serius adalah menghentikan kebiasaan merokoknya. Ada berbagai penyakit yang terkait erat dengan rokok, diantaranya ialah: Penuaan dini:kulit lebih cepat mengkerut/ kelihatan lebih tua. Merokok secara siknifikan meningkatkan Radikal bebas dalam tubuh sehingga mencapai tingkat ekstrem.Radikal bebas ini berhubungan dengan berbagai penyakit serius diantaranya: Atherosclerosis, kanker, Alzheimer, katarak, osteoporosis dan imunitas tubuh yang menurun. Daya tahan tubuh lebih lemah sehingga lebih mudah terserang infeksi.Rokok bukan hanya menyumbang secara langsung lebih dari 4000 jenis racun dalam setiap batang rokok, sehingga mengakibatkan berbagai penyakit yang berhubungan dengan paru-paru seperti Pneumonia, namun juga secara tidak langsung menghambat kekebalan selular karena T-sel yang baik menjadi berkurang, sementara sel-sel penghambat T-sel meningkat.Keadaan ini masih bisa diperbaiki jika seseorang menghentikan kebiasaan merokok. Penyakit yang berhubungan dengan pembuluh Atherosclerosis, penyakit jantung, stroke. Beberapa penjelasan yang mungkin ialah, merokok menurunkan imunitas tubuh, sehingga pertumbuhan sel abnormal tidak terkendali. Merokok juga diketahui menyebabkan kekurangan vitamin C yang penting dalam menjaga kekebalan tubuh. Lalu zat karsinogen dari asap rokok sangat kerkonsentrasi di sel vaginal atau di uterine. Depresi.Merokok dapat mempengaruhi perilaku karena zat karbon monoksida dan Nikotin yang meracuni otak. Disamping itu menurunnya kadar vitamin C juga menyebabkan depresi dan hysteria.Nikotin menstimulasi pengeluaran hormon adrenalin dan cortisol. Hormon ini menurunkan aktivitas hormon serotonin yang bersifat menenangkan bagi otak.Lebih parah lagi bila perokok juga adalah peminum kopi manis. (rokok dan kopi adalah pasangan yang sering jalan bersama). Penyakit Periodontal akut. Penyakit seputar mulut, gigi tanggal, radang gusi, bahkan kanker mulut, bibir, dll. Sangat berhubungan dengan rokok atau akibat dari radikal bebas dari rokok. Disamping itu, perokok cendrung mengalami kekurangan vitamin C yang sangat penting untuk menjaga kesehatan gusi.
  • STOP ASAP ROKOK! Bila anda atau pasangan merokok, jauhi si kecil. Rokok mengandung lebih dari 4000 zat racun. “Anak lebih rentan terhadap asap rokok disbanding orang dewasa karena mereka bernafas dalam waktu pendek, dan system detokfikasi tubuh mereka pun belum berkembang optimal,” ujar Beverly Kingsley, Ph.D, seorang ahli epidemoliogi dari Center for Disease Control and Prevention,Atlanta. Tentu saja lebih bijak bila kita tinggalkan saja kebiasaan merokok yang tidak sehat itu.
  • Sama seperti merokok. “Merokok itu hanya menurunkan daya tahan sel-sel di tubuh. Namun, bahayanya, rokok mempermudah sel-sel menjadi ganas,” paparnya. Diungkapkan Ovy, nikotin atau tar telah terbukti ditemukan pada cairan serviks. “Zat ini yang mempermudah sel bermutasi,” ujarnya. Menurut dia, para perokok hanya tinggal menunggu risiko mematikan itu.
  • Hilangkan zat pemicu radikal bebas dalam sistem tubuh Anda seperti alkohol dan nikotin. Kedua zat tersebut meningkatkan toxic level dalam tubuh Anda dan menghancurkan sel tubuh sehat yang seharusnya memerangi penyakit yang masuk. Hentikan asupan keduanya. Berhentilah merokok secara total dan jauhi smokers karena jadi perokok pasif juga memberikan dampak bagi kesehatan Anda. Demikian juga dengan asupan alkohol walaupun hanya sebagai social drinker.
  • BAHAYA MEROKOK
    Banyak penelitian yang membuktikan kebiasaan merokok meningkatkan resiko timbulnya berbagai penyakit, seperti penyakit jantung dan penyakit ganggguan pembuluh darah, kanker paru-paru, kanker rongga mulut, kanker laring, kanker osefagus, bronkitis, tekanan darah tinggi, impotensi, serta gangguan kehamilan dan cacat pada janin. Pasien-pasien perokok juga beresiko tinggi mengalami komplikasi atau sukarnya penyembuhan luka setelah pembedaan termasuk bedah plastik dan rekontruksi, operasi plastik pembentukan payudara dan operasi yang menyangkut anggota tubuh, bagian bawah.
  • Penelitian yang terbaru juga menunjukan adanya bahaya dari second hand smoke yaitu asap rokok yang terhirup oleh orang-orang yang bukan perokok karena berada disekitar perokok juga bisa disebut perokok pasif. Rokok tidak dapat dipisahkan dari bahan baku pembuatannya yaitu tembakau. Di Indonesia tembakau di tambah cengkeh dan bahan-bahan lain dicampur untuk dibuat bahan rokok kretek. Selain kretek tembakau juga dapat digunakan sebagai rokok linting, rokok putih, cerutu, rokok pipa dan tembakau tanpa asap (tembakau kunyah).Kandungan dalam asap sebatang rokok yang dihisap? tidak kurang dari 4000 zat kimia beracun. Zat kimia yang dikeluarkan ini terdiri dari komponen gas (85 persen) dan partikel. Nikotin, gas karbonmonoksida, nitrogen oksida, hidrogen sianida, amoniak, akrolein, asetilen, benzaldehid, urethan, benzen, methanol, kumarin, 4 etilkatekol, ortokresol dan perylene adalah sebagaian dari beribu-ribu zat didalam rokok.
  • Komponen gas asap rokok adalah karbonmonoksida, amoniak, asam hidrosianat, nitrogen oksida dan formaldehid. Partikelnya berupa tar, indol, nikotin, karbarzol, dan kresol. Zat-zat ini beracun, mengiritasi dan menimbulkan kanker (karsinogen).ZAT-ZAT TERSEBUT DAN BAGAIMANA MEREKA MEMBAHAYAKAN TUBUH
    Nikotin Zat yang paling sering dibicarakan dan diteliti orang, meracuni syaraf tubuh, meningkatkan tekanan darah, menimbulkan penyempitan pembuluh darah tepi dan menyebabkan ketagihan dan ketergantungan pada pemakainya. Kadar nikotin 4-6 mg yang diisap oleh orang dewasa setiap hari sudah bisa menimbulkan ketagihan.
    Timah hitam (Pb) yang dihasilkan sebatang rokok sebanyak 0,5 ug. Sebungkus rokok (isi 20 batang) yang habis diisap dalam satu hari menghasilkan 10 ug. Sementara ambang batas timah hitam yang masuk ke dalam tubuh adalah 20 ug per hari. Bisa dibayangkan bila seorang perokok berat menghisap rata-rata 2 bungkus roko per hari, berapa banyak zat berbahaya ini masuk kedalam tubuh.
    Gas karbonmonoksida (CO) memiliki kecenderungan yang kuat untuk berikatan dengan hemoglobin dalam sel-sel darah merah. Seharusnya hemoglobin ini berikatan dengan oksigen yang sangat penting untuk pernapasan sel-sel tubuh, tapi karena gas CO lebih kuat dari pada oksigen maka gas CO ini merebut tempatnya disisi hemoglobin. Jadilah hemoglobin bergandengan dengan gas CO. Kadar gas CO dalam darah bukan perokok kurang dari 1 persen. Sementara dalam darah perokok mencapai 4-15 persen.
    Tar adalah kumpulan dari beribu-ribu bahan kimia dalam komponen padat asap rokok dan bersifat karsinogen. Pada saat rokok dihisap tar masuk ke dalam rongga mulut sebagai uap padat. Setelah dingin akan menjadi padat dan membentuk endapan berwarna coklat pada permukaan gigi, saluran pernafasan dan paru-paru. Pengendapan ini bervariasi antara 3-40mg per batang rokok, sementara kadar tar dalam rokok berkisar 24-45 mg

    ANTIBODI MENURUN
    Rongga mulut sangat mudah terpapar efek yang merugikan akibat merokok. Terjadinya perubahan dalam rongga mulut sangat masuk akal karena mulut merupakan awal terjadinya penyerapan zat-zat hasil pembakaran rokok. Temperatur rokok pada bibir adalah 30 derajat C, sedangkan ujung rokok yang terbakar bersuhu 900 derajat C.
    Asap panas yang berhembus terus menerus ke dalam rongga mulut merupakan rangsangan panas yang menyebabkan perubahan aliran darah dan mengurangi pengeluaran ludah. Akibatnya rongga mulut menjadi kering dan lebih an-aerob sehingga memberikan lingkungan yang sesuai untuk tumbuhnya bakteri an-aerob dalam plak. Dengan sendirinya perokok beresiko besar terinfeksi bakteri penyebab penyakit jaringan pendukung gigi dibandingkan mereka yang tidak merokok.
    Pengaruh asap rokok secara langsung adalah iritasi terhadap gusi dan secara tidak langsung melalui produk rokok-rokok seperti nikotin yang sudah masuk melalui aliran darah dan ludah. Jaringan pendukung gigi yang sehat seperti gusi, selaput gigi, semen gigi, dan tulang tempat tertanamnya gigi menjadi rusak karena terganggunya fungsi normal mekanisme pertahanan tubuh terhadap infeksi dan dapat merangsang tubuh untuk menghancurkan jaringan sehat disekitarnya.
    Pada perokok terjadi penurunan zat kekebalan tubuh (antibodi) yang terdapat dalam ludah yang berguna untuk menetralisir bakteri dalam rongga mulut dan terjadi gangguan fungsi sel-sel pertahanan tubuh. Sel pertahanan tubuh tidak dapat mendekati dan memakan bakteri-bakteri penyerang tubuh sehingga sel pertahanan tubuhtidak peka lagi terhadap perubahan sekitarnya juga terhadap infeksi.
    Nikotin berperan dalam mulai terjadinya penyakit jaringan pendukung gigi karena nikotin dapat diserap oleh jaringan lunak rongga mulut termasuk gusi melalui aliran darah dan perlekatan gusi pada permukaan gigi dan akar. Nikotin dapat ditemukan pada permukaan akar gigi dan hasil metabolisnya adalah kontinin dapat ditemukan pada cairan gusi.
    Perlekatan jaringan ikat dan serat-serat kolagen terhambat, sehingga proses penyembuhan dan regenerasi jaringan setelah perawatan terganggu. Tembakau kunyah sering disebut juga tembakau tanapa asap tampaknya telah menjadi tren dan produknya banyak dimanfaatkan oleh kalangan muda, atletik dan wanita usia lanjut di Amerika. Di Indonesia menguyah tembakau telah menjadi kebiasaan sejak dulu. Walaupun tanpa asap kebiasaan mengunyah tembakau ini diduga sebagai penyebab terjadinya bercak putih dan kanker rongga mulut. Kelainan biasanya terjadi di pipi, tempat tembakau tanpa asap ini biasa disisipkan.

    ini cuma sebagian kecil efek rokok, yang saya bahas ini cuma yang berkaitan dengan tugas saya waktu itu…masih banyak yang lain…so berhenti merokok kalau sayang sama keluarga, bagaimana pun juga merokok itu merugikan orang lain, jika anda merokok  ditempat umum apalagi dekat istri dan anak sudah termasuk tindakan egois karena tidak memikirkan kesehatan orang di sekitar kita…bukan bermaksud menceramahi pesan ini juga sudah banyak di bahas dimana…^.^

4 thoughts on “akibat rokok

  1. Waah .. tapi perusahan2 Amerika malah membeli perusahan rokok di Indonesia ( PT Sampurna oleh Phillip Moris, Bentul oleh BAT, belum lagi Marlboro ,dsb.), jangan2 cuma nakut2in aja ya, cara psikis untuk merebut usaha di negeri orang. Papua sudah ditambang tembaga (+emasnya), Sumatera tengah sudah ditambang minyaknya (Chevron), Cepu juga disedot minyaknya (Mobil oil, Exxon) … naah habis deh. … kita tinggal ruwetnya.

    • maksudnya akibat rokok ini cuma nakut2in…ga lah @pakdewin soalnya hasil2 efek negatif rokok itu yang ada di publik sudah hasil penelitian ada banyak di jurnal ilmiah…tapi kalo masalah perusahaan rokok di beli pihak asing kayaknya udah diluar pembahasan ini…saya juga ga ngerti hehe

  2. salah satu penyakit yg disebabkan oleh rokok adalah stroke.
    yg saya mau tanyakan, bgmanakah siklus dalam tubuh sehingga sehingga terjadinya stroke yang disebabkan oleh rokok??

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s