ETIOLOGI PEMBESARAN GINGIVA

ETIOLOGI PEMBESARAN GINGIVA

Pembesaran pada gingiva papilari dan marjinal jelas merupakan temuan umum yang ada pada manusia yang sehat dan mamalia lainnya. Pembengkakan (“tumor”) adalah salah satu dari lima gejala kardinal peradangan. Pembengkakan gingiva hampir secara universal hasil akumulasi cairan dalam jaringan: edema. jaringan gingiva membesar biasanya memiliki konsistensi lunak, biasanya lebih atau kurang eritem, dan berdarah pada saat dilakukan probing. pembesaran gusi yang edematous dapat benar-benar reversibel pada orang sehat, jika plak mikroba penyebab lokal, secara teratur dan efektif dihapus oleh prosedur membersihkan gigi mekanis. (Marakoglu dkk., 2004)

Pembesaran, pertumbuhan jaringan gingival yang berlebihan dapat merusak estetis biasanya dikaitkan dengan  pendamping umum leukemia dan scurvy dan tidak sering terlihat pada subyek yang mengalami lonjakan hormon pubertas, kehamilan dan menopause. Epilepsi merupakan suatu kondisi dimana seseorang mengalami kejang berulang karena proses yang kronis. Obat-obatan antiepilepsi yang tersedia saat ini bertindak baik dengan menekan aktivitas neuronal pada titik fokus asal, baik dengan menghalangi mekanisme propagasi. (Hassell dan Hefti, 1991)

Pembesaran gingiva adalah salah satu efek samping yang paling umum yang terkait dengan pemberian fenitoin, yaitu obat anti-epilepsi paling sering digunakan. pembesaran gingiva, dalam hubungannya dengan fenitoin, pertama kali dijelaskan pada tahun 1939, dengan beberapa penulis berikutnya lain melaporkan pertumbuhan berlebih terkait dengan phenobarhital, asam valporic dan vigabatrin. (Hassell dan Hefti, 1991)

 

Hassell, T.M. dan Hefti, A.F. Drug-Induced Gingival Overgrowth: Old Problem, New Problem Critical Reviews in Oral Biology and Medicine, 2(1): 103—137 (1991)

Marakoglu, I., Gursoy, U.K., Cakmak, H., Marakoglu, K. Phenytoin-induced gingival overgrowth in epilepsy patients. Yonsei medical Journal, 2004; 45: 337-340

 

One thought on “ETIOLOGI PEMBESARAN GINGIVA

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s