kkn

PELAKSANAAN KKN-PPM

I. HASIL PELAKSANAAN KEGIATAN
No No. Sektor Kluster Nama Program Jml. Program Vol Waktu
(Jam) JOK Swadaya Mitra MHS
1 13.1.155 KK-T Penyuluhan PHBS untuk kelas VI SDN 2 Muntok 1 47 19 139 95 0 10
2 13.1.1.56 KK Penyuluhan Kesgilut SD 1 36 25 104 70 0 0
3 13.1.3.18 KK Screening dan sikat gigi bersama `2 94 52 227 1135 0 213
4 13.1.4.01 KK-T Sosialisasi Pencegahan DBD 1 28 32 85 425 0 55
5 SH-T Expo Foto Wisata Muntok 1 1319 80 10476 330 360 76
Total 6 1524 208 11031 2055 360 354

II. PEMBAHASAN

1. Penyuluhan PHBS untuk kelas VI SDN 2 Muntok
PHBS merupakan cerminan perilaku yang dibutuhkan dalam kehidupan sehari-hari. Tentunya hal ini akan baik apabila di tanamkan sejak dini, agar kebiasaan baik dapat tercipta sejak kanak-kanak. Sekolah dasar merupakan media yang paling mumpuni untuk menyediakan keadaan yang cukup kondusif untuk mengadakan penyuluhan. Penyuluhan PHBS ini menggunakan media poster dan power point agar anak lebih mudah memahami dengan bantuan media visual. Kegiatan dilaksanakan pada tanggal 16 Juli 2010, kegiatan ini dilaksanakan 2 sesi, sesi pertama merupakan penyuluhan dan sesi kedua merupakan sesi Tanya jawab. Antusiasme para siswa cukup baik dilihat dari peran aktif para siswa selama kegiatan ini berlangsung. Kendala yang cukup dirasakan tidak tersedianya LCD untuk mempermudah menampilkan power point yang telah dibuat.

2. Penyuluhan Kesehatan Gigi dan Mulut SD
Kesadaran akan pentingnya menjaga kesehatan gigi pada anak-anak masih sangatlah rendah. Ditambah apabila kurang adanya perhatian orang tua terhadap permasalahan kesehatan gigi anaknya. Untuk itu perlu diadakannya penyuluhan mengenai KESGILUT, demi terwujudnya masyarakat yang sehat. Karena terdapat korelasi antara kesehatan gigi dan mulut terhadap kesehatan tubuh secara umum. Untuk itu di perlukan adanya tindakan promotif agar menyadarkan anak untuk menjaga kesehatan giginya dalam usaha preventif. Program penyuluhan kesgilut ini terdiri dari penyuluhan dalam kelas . Sambutan dari anak cukup baik dan respon positif di dapatkan ketika di berikan pertanyaan umpan mengenai hal yang baru saja disampaikan rata-rata dari mereka dapat menjawab yang mahasiswa berikan.kegiatan ini berlangsung selam 3 jam dan dilaksanakan pada tanggal 17 juli di SD N 6 Muntok

3. Screening dan sikat gigi bersama
Kesehatan gigi merupakan hal yang sering di abaikan oleh masyarakat. Banyak yang belum mengetahui bahwa terdapat integrasi antara kesehatan gigi dengan kesehatan tubuh secara umum. Untuk itu perlu diadakan screening status karies gigi di masyarakat, terutama pada ibu muda yang akan menjadi tonggak dalam membantu promosi dan kegiatan preventif kesehatan gigi pada anaknya. Kegiatan screening dilakukan pada tanggal 8 Juli 2010 bertempat di posyandu “anggrek III”. Hasil menunjukan bahwa tingkat DMF-T ibu dan def-t anak masih tinggi. Untuk itu di berikan sedikit pengertian mengenai arti penting kesehatan gigi dan cara menjaganya selama kegiatan ibi berlangsung. Selain itu sebagai upaya promotif juga dilaksanakan kegiatan sikat gigi bersama di sekolah untuk mengajarkan kepada anak cara menyikat gigi yang baik dan benar.

4. Sosialisasi Pencegahan DBD
Berdasarkan data kelurahan tanjung, teluk rubiah merupakan salah satu daerah rawan terjangkit DBD. Data menunjukan bahwa tingkat kejadian DBD di teluk rubiah menunjukan angka tertinggi. Untuk itu perlu diadakan tindakan promotif salah satunya sosialisasi pencegahan DBD di masyarakat. Kegiatan ini dilaksanakan dengan cara menempelkan poster pencegahan dbd di titik-titik strategis, kemudian pembagian pamphlet dan bubuk abate dari rumah ke rumah. Kegiatan ini mendapat respon yang cukup baik, masyarakat sangat kooperatif ketika sosialisasi “door to door
“ ini dilaksanakan.kegiatan ini sendiri di laksanakan pada tanggal 6 juli 2010 dari pukul 09.00 – 12.00 WIB.

5. Expo Foto Wisata Muntok
Salah satu bagian kegiatan dari pameran wisata dan apresiasi seni bumi sejiran setason adanya pameran foto wisata daerah. Melalui pameran foto ini diharapkan dapat meningkatkan animo masyarakat terhadap tanggap pariwisata khususnya di muntok. Stand pameran foto ini juga di kunjungi oleh SEKDA Bangka Barat. Foto yang di tampilkan selain potensi pariwisata alam juga mengangkat foto situs sejarah muntok.

III. KESIMPULAN DAN SARAN
• Masih rendahnya kesadaran akan arti kesehatan secara umum maupun kesehatan gigi, merupakan PR besar bagi kami, pemerintah serta masyarakat sendiri. Untuk itu diperlukan adanya gerakan-gerakan konkrit mengenai promosi kesehatan demi terwujudnya kesadaran masyarakat.
• Potensi pariwisata sejarah kota muntok, merupakan warisan budaya yang potensial menjadi kota budaya apabila di lestarikan dan di kelola dengan baik. Sebelum itu perlu menanamkan jiwa sadar wisata itu sendiri pada masyarakat.
IV. LAMPIRAN

1. Penyuluhan PHBS untuk kelas VI SDN 2 Muntok

2. Penyuluhan Kesehatan Gigi dan Mulut SD

3. Screening dan sikat gigi bersama

(sikat gigi bersama) (screening tingkat karies gigi)

4. Sosialisasi Pencegahan DBD

5. Expo Foto Wisata Muntok

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s