LONG LIFE EDUCATION

IMG_20120705_112906

foto ini saya ambil saat saya melaksanakan bakti sosial nasional persatuan senat mahasiswa kedokteran gigi yang dilaksanakan oleh FKG unisula, semarang. foto ini di ambil di sebuah SD di desa banjar negara yang jauh dari kota, jalan menuju kesana pun belum di aspal.
kebetulan sekali selama beberapa tahun terakhir ini saya bergelut di bidang pendidikan dan profesi di PSMKGI sehingga kata-kata ini menyentuh saya. tugas kita sebagai manusia adalah belajar terus menerus sampai dengan akhir hayat kita. papan ini juga menyadarkan saya betapa pendidikan yang merupakan hak dasar setiap warga negara indonesia masih jauh dari kata “rata” baik fasilitas maupun aksesibilitas. contohnya kedokteran gigi saja saat ini sudah ada 28 institusi di indonesia namun belum ada 1 pun yang berdiri di indonesia bagian timur. sebagian besar institusi tersebut tersebar di pelosok daerah jawa maupun sumatra, hanya 1 di kalimantan, 2 di sulawesi dan 1 di pulau bali.
apabila kita menengok lagi kebawah ketingkat sekolah dasar meskipun hampir disemua daerah di indonesia ada tapi belum tentu sudah “merata” fasilitasnya baik sdm maupun fasilitas penunjang lainnya. seperti yang diceritakan salah satu teman baik saya yang menjalankan tugas pengabdian di sigi, palu di daerah sigi hanya ada 3 kelas SD kalau si murid sudah sampai kelas 4-6 harus menyebrang danau yang luasnya seperti laut.
Banyak sekali persoalan pendidikan di Indonesia, sebagai salah satu calon penerus bangsa dalam mewujudkan salah satu janji kemerdekaan apa yang bisa kita lakukan? apakah menunggu pemerintah kita berubah pikiran untuk mewujudkan mimpi itu?, tentu tidak pendidikan akan berhasil apabila di dukung pula oleh masyarakat jangan hanya menunggu pemerintah, sebagai salah satu stakeholder peran kita dalam mengawasi, mengevaluasi dan mendukung pelaksanaan pendidikan di negara kita tercinta ini. salah satu program yang menginspirasi saya adalah indonesia mengajar yang di gagas bapak anies baswedan yang membuka mata para pemuda bahwa ini adalah tanggung jawab kita bersama. adalagi gerakan untuk membantu pendidikan bagi para anak yang membutuhkan seperti coin a chance, atau seperti mahasiswa UI yang mendirikan sekolah untyuk mengajar anak jalanan dan masih banyak lagi gerakan yang yang dilakukan. Mari kita berkontribusi untuk mewujudkan janji kemerdekaan kita dengan berbagai macam cara dan terus belajar seumur hidup kita agar indonesia memiliki penduduk yang lebih cerdas.

sekarang mahasiswa kedokteran gigi indonesia sudah memulai langkahnya untuk ikut berpartisipasi aktif dalam meningkatkan aksesibilitas pendidikan dimulai dari hal yang paling kecil
IMG_20120503_170606

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s